Kiat Sukses Menjadi Suami Sholeh

Jika ada seorang istri yang sholehah yang selalu memperhatikan, melayani suami dengan segala kebaikan. Ia juga selalu menuruti segala perintah dan memenuhi keinginan sang suami dengan kepatuhan yang sempurna. Menjaga ibadahnya dan selalu mengingatkan suami untuk berlomba mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ia menjadi istri yang manis dan selalu hangat disamping suaminya, serta menjadi teman perjalanan yang menyenangkan. Tidak banyak menuntut dan menerima dengan rasa syukur apapun dan seberapapun rezeki yang didapat suami.

Bukankah tidak ada alasan lagi bagi sang suami untuk tidak membalasnya dengan menjadi suami yang sholeh, penuh perhatian dan kasih sayang. Demikian beberapa kiat untuk menjadi suami yang sukses :

  1. Mencukupi kebutuhannya dengan nafkah yang halal dan baik. Salah satu tugas suami adalah memberi nafkah kepada istri dan keluarganya, tentunya nafkah yang baik lagi halal, dan tidak berlebih-lebihan yang dapat membuat istri dan keluarga hidup mewah, boros dan sombong. Berilah nafkah yang wajar sesuai dengan kemampuan, namun tetap bersungguh-sungguh mencari nafkah sebagai bentuk tanggungjawab sebagai suami.
  2. Berdandanlah untuk istri anda, selalu bersih dan wangi. Sesering apakah kita tampil didepan istri dengan pakaian ala kadarnya? Sama halnya dengan suami yang menginginkan istrinya kelihatan manis untuknya, setiap istri juga menginginkan suaminya berdandan untuknya.Sebagai contoh, ingat, bahwa Rasulullah SAW selalu menggosok giginya terlebih dahulu sebelum menemui istrinya setelah bepergian. Beliau juga selalu menyukai senyum yang paling manis.
  3. Panggilah istri anda dengan nama yang ia sukai. Rasulullah SAW mempunyai nama panggilan untuk istri-istrinya yang sangat mereka sukai. Panggilah istri anda dengan nama yang paling indah baginya dan hindari menggunakan nama-nama yang menyakitkan perasaan mereka.
  4. Jangan memperlakukan seorang istri seperti lalat. Kita tidak pernah menghiraukan seekor lalat didalam kehidupan kita sehari-hari, tahu-tahu dia menjadi penyakit buat kita. Sama halnya seorang istri yang berbuat baik sepanjang hari, jika tidak pernah mendapat perhatian dari suaminya, maka dia juga akan memperlakukan suaminya bagai sebuah penyakit. Jangan sekali-kali perlakukan dia seperti ini; kenali semua kebaikan yang dia lakukan dan pusatkan perhatian padanya.
  5. Jika anda melihat kekurangan istri anda, tegur dengan lemah lembut!. Ini adalah cara bijak yang juga dianjurkan Rasulullah SAW. Terkadang istri kita memasak kurang sesuai dengan kesukaan atau selera kita, atau cara berdandannya kurang baik atau berlebih-lebihan. Ketika terhadap suaminya, ia berdandan semaunya, tetapi ketika bepergian dandanannya menor membuat orang lain memandanginya. Maka sepantasnya kita memberitahu dengan sikap yang lemah lembut dan menggunakan bahasa yang tidak menyinggung perasaannya. Termasuk jika melakukan sesuatu yang tidak pantas dilakukan istri-istri kita. Ini adalah teknik bagi seorang muslim sebagai kepala rumah tangga.
  6. Tersenyum untuk istri anda kapan saja anda melihatnya. Senyuman adalah shodaqoh dan istri anda termasuk ummat muslim juga. Bayangkan hidup dengannya dengan senyum yang selalu tersungging. Ingatlah, sunnah juga menerangkan bahwa Rasulullah SAW selalu mencium istrinya sebelum pergi sholat ke masjid.
  7. Berterimakasihlah untuk semua yang dia lakukan untuk anda. Sekecil apapun yang istri anda lakukan buat anda, jangan sekali-kalli menganggapnya sebagai hal sepele, Berterimakasihlah, karena ucapan terimakasih anda sungguh berarti bagi istri anda dan akan terukir indah dihatinya. Ambil contoh, ucapkan terimakasih ketika usai makan malam yang dia sediakan. Juga untuk kebersihan rumah dan selusin pekerjaan lainnya.
  8. Mintalah padanya untuk menulis sepuluh perbuatan terakhir yang telah anda lakukan untuknya yang membuat dia senang. Kemudian pergi dan lakukan itu kembali. Mungkin agak sulit untuk mengenali apa yang membuat istri anda senang. Anda tidak perlu untuk bermain tebak-tebakkan, tanyakan padanya dan kerjakan secara berulang-ulang selama hidup anda.
  9. Jangan kecilkan keinginannya. Hiburlah dia. Kadang-kadanga seorang suami perlu mengabulkan permintaan istrinya. Rasulullah SAW memberikan contoh buat kita dalam sebuah kejadian ketika Safiyyah radhiyallahu ‘anha menangis karena dia (Safiyyah) berkata bahwa beliau (Rasulullah) memberikan sebuah unta yang lamban. Rasulullah pun menyapu air matanya, menghiburnya, dan membawakannya sebuah unta yang lain. Tentulah pemberian yang secukupnya sesuai dengan kemampuan kita.
  10. Penuh humor dan bermain-mainlah dengan istri anda. Lihatlah betapa Rasulullah SAW pernah bertanding lari dengan istrinya Aisyah radhiyallahu ‘anha di sebuah padang, dan membiarkan Aisyah memenangkannya. Kapan saat terakhir kita melakukan hal seperti itu?
  11. Ingatlah selalu sabda Rasulullah SAW: “Yang terbaik di antara kalian adalah yang memperlakukan keluarganya dengan baik. Dan aku adalah yang terbaik memperlakukan keluargaku”. Cobalah yang terbaik. Sebagai kata akhir: Jangan pernah lupa berdo’a kepada Allah Azza wa Jalla, agar membuat pernikahan anda bahagia.

sumber:Buletin Silaturrahim Edisi 2 Thn IV Nopember 2007 Dzulqaidah 1428 H

About these ads

37 responses

  1. dodoy

    Bagus di baca tuk para suami..
    dan para calon suami…

    December 8, 2007 at 3:42 pm

  2. Catet Doy, catet…
    Atau, di-bookmark… :mrgreen:
    Padahal rasane masih jauh (?)

    December 9, 2007 at 3:13 am

  3. hyorinmaru….
    biar jauh kan pasti nyampe juga…:)

    December 12, 2007 at 3:18 am

  4. shasha

    Yang point 8, masih inget sms Ummi, bi? belum sampai 10 hal sih, but it’s enough for me.

    December 14, 2007 at 8:42 am

  5. Bismillah..

    heuheuhhueuehue kapan bisa seperti itu yach, ePe udah ampe 8, ana 1 ajah belum dari dulu ampe skrg masih terus mencoba mengajarkan istri aqidah salafy, dan kayaknya masih kurang aja…. mudah2an JePe bsok bs ngajari ana minimal sampai yg ke 8, insyaALLAH

    barakallah fii kum

    February 1, 2008 at 3:26 pm

  6. lensony

    Alhamdulillah,dengan artikel ini bisa menambah ilmu saya sebagai persiapan untuk menuju pernikahan. semoga bisa bermanfaat dan menjadi bekal yang berguna dalam mengarungi kehidupan berumah tangga

    March 27, 2008 at 12:01 pm

  7. akhve

    wah…ada bukunya tuh…coba aja cari di http://al-ilmu.net

    May 8, 2008 at 3:31 pm

  8. ikut nimbrung ah…
    Ak juga lagi belajar menjadi suami yang sholeh…
    Biarpun kita sama2 keras tapi kami berusaha untuk memahami satu sama lain
    saling menerima kekurangan masing2, saling menutupi kekurangan masing2
    saling memegang kepercayaan masing2 biarpun kami berjauhan,
    tidak pernah merasa kurang dengan perhatian atau pemberian yang diterima
    selalu bersyukur dengan apa yang diberikan…
    semoga kami menjadi keluarga yang Sakinah Mawadah Warahmah…

    May 14, 2008 at 9:47 am

  9. artikel yang bagus buat para (calon) suami

    July 1, 2008 at 10:13 pm

  10. I’m back™ :twisted:
    Ng… lg jaga Can?

    July 1, 2008 at 10:22 pm

  11. simple

    Ass..saya masih pengantin baru..saya berharap bisa jadi istri shaleha dan bisa mendapatkan suami yg sholeh juga..Amin.

    July 24, 2008 at 9:58 pm

  12. Pingback: Kiat Sukses Menjadi Suami Sholeh « corat-coret

  13. edi

    Calon istri juga perlu membaca tulisan ini. Thx

    April 18, 2009 at 10:43 pm

  14. opel

    assalamu’alaikum.w.w
    segala sesuatunya butuh usaha dan kerja keras..walaupun itu hanya yg kita anggap spele dan gampang..dan jgan lupa slalu berdo’a pada sang maha pencipta…

    smoga kita smua slalu dibawah lindunganNya..
    amin..

    wassalam..w.w

    April 29, 2009 at 5:48 am

  15. Pingback: Car

  16. ayu

    he..he..

    August 6, 2009 at 1:44 pm

  17. bluetux

    Subhanallah komplet kayak resep pak dokter Rudi

    August 12, 2009 at 1:22 am

  18. iwi

    okeh trims kiat2nya smoga ni yg lg du2k di seblah q bs jadi yang terbaik.amin.

    November 6, 2009 at 9:27 pm

  19. yusida

    Subhanallah indah sekali jika semua itu terjadi pada semua pasangan suami istri…Semoga!

    February 3, 2010 at 10:41 am

  20. Maha suci Allah…
    Artikelnya indah dan sangat bermanfaat…terutama buat saya yang sebulan lagi mau jadi seorang kepala keluarga, insya Allah…

    February 15, 2010 at 7:11 pm

  21. lia

    Semoga suamiq adalah suami ΫªΏg sholeh… Amiiiinnnn

    April 8, 2010 at 11:05 am

  22. Membaca artikel ini, ternyata masih banyak yang tidak terdapat dalam diri saya. Ya Allah berikanlah kemudahan bagi kami, para suami, agar dapat menjadi suami yang sholeh. Amin..
    Terima kasih atas artikel yang bagus tersebut. Dapat menyadarkan dan memberikan pencerahan bagi saya, seorang suami yang ingin menjadi suami yang sholeh.

    May 25, 2010 at 8:39 am

  23. pulaydo cristiano

    membaca artikel di blog ini perasaan saya dapat lebih memahami calon istri saya,dan dapat lebih sabar sebagai calon suami yang soleh.memberikan pengatahuan saya menjadi lebih bertambah.terima ksih..

    August 2, 2010 at 8:06 pm

  24. coco

    mengajak kebaikan

    September 6, 2010 at 8:51 am

  25. mas jp, ijin copy paste ya. lagi belajar bikin blog.makasih

    February 23, 2011 at 10:43 am

  26. ary

    izin copas ya…jzk

    March 21, 2011 at 11:21 am

  27. nurainun

    Y ALLAH mudah-mudahan sya mendpatkan suami yg sholeh.amin

    May 1, 2011 at 10:08 pm

  28. yuan

    senang dengan templatenya.. tertarik dengan tulisannya.. :)
    kapan mih ada tulisan baru, mas..? ;-)

    August 2, 2011 at 12:49 am

  29. muhammad gunawan

    subhanalloh…..
    bismillahirrohmaanirrohim……
    semoga barokah…..
    aaamiiin……

    August 23, 2011 at 2:43 pm

  30. rotigedang

    subhanallah, I wanna be a good husband like this

    October 28, 2011 at 9:58 am

  31. Nunu

    Saya sebagai isteri belum merasakan pada no 5, 7, dan 10, aku ingin merasakannya ya Allah! Sebagai seorang wanita

    December 29, 2011 at 12:36 pm

  32. Sayang

    Andaikan aku merasakan semua poin di atas bahagianya aku sebagai istri. Krn aku ingin menjadi isteri solehah.

    December 29, 2011 at 6:07 pm

  33. semoga kita kaum laki2 bs melakukan pendekatan hal tersebut..

    January 12, 2012 at 7:47 am

  34. Artikelnya cukup menginpirasi. Saya ada tulisan senada tentang hal ini tapi mungkin lebih ke hal-hal dasar. Silahkan cek di http://samarakita.net/2012/03/13/belajar-menjadi-suami-sholeh/

    March 14, 2012 at 8:50 am

  35. mudah2 allah memudahkan kita untuk menjadi sprt demikian

    August 3, 2012 at 6:57 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.